BYONIC
merupakan singkatan dari Byson Yamaha Owner Indonesia Club. Nama ini
merupakan ide dari bro Dion Ahong di fan page Yamaha Byson di facebook.
Byonic lahir tanggal 10 Okober 2010, atau biasa disebut 10-10-10.
Lahirnya Byonic ditandakan dengan kopdar pertama kali di Monas pada hari
Minggu, 10 Oktober 2010 jam 5 sore. Byonic berangkat dari obrolan di
jejaring sosial dunia maya, lalu berlanjut ke pertemuan nyata yang biasa disebut kopdar. Kopdar perdana BYONIC dihadiri oleh 20 punggawa Byson pertama.
Perkembangan Byonic begitu pesat, yang tadinya hanya di Jakarta saja,
sekarang sudah mencapai 25 propinsi di Indonesia turut bergabung. Byonic
menyelenggarakan Musyawarah Nasional untuk pertama kalinya pada tanggal
29 Januari 2011 di café warna-warni daerah menteng, Jakarta. Pada saat
Munas di sah kan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Byonic. Serta
telah dibentuk struktur kepengurusan pusat Byonic. Tingkatan stukturnya
adalah: kepengurusan pusat (nasional), kepengurusan daerah (propinsi),
kepengurusan wilayah (kabupaten).
Setelah pondasi-pondasi berdirinya
BYONIC bertambah kuat, BYONIC-pun membuat acara deklarasi pada hari
Sabtu, 19 Februari 2011 di Surganya Bikers, Depok. Hampir semua Byonic
wilayah dari jawa dan luar jawa berkumpul di depok. Acara deklarasi ini
untuk mengumumkan kepada dunia bahwa BYONIC itu ada. Selain itu, acara
ini juga memiliki tujuan yaitu menjalin tali silaturahmi, saling
mengenal, dan memupuk rasa persaudaraan diantara sesama pengendara motor
Byson. Byonic turut mengundang club-club dan komunitas-komunitas motor
lain dalam acara ini.
Sabtu, 10 Desember 2011
BYONIC, Klub Pemilik dan Penggemar Yamaha Byson
Tips dan trik
soal Yamaha Byson macem-macem bro, mulai dari mengubah posisi plat
nomor di depan yang standarnya ada di atas headlamp alias di jidat jadi
di bawah headlamp, hingga modifikasi mesin lumayan berat untuk menaikkan
kemampuan mesin, ada di sana. Bagi touring mania pun sudah disediakan
boks belakang plus braketnya yang bisa langsung plug n play
Semua diskusi itu selain ada di kopdar, juga lengkap ada di forum
Kaskus. Thread baru dibuat tanggal 10 Oktober lalu, hingga kini sudah
menyentuh seratusan lebih halaman…!
Kebanyakan problem yang dibahas adalah
susahnya mendapat unit Byson, bisa dikatakan curhatnya para penggemar
Byson. Lamanya inden dan perbedaan pelayanan pembelian cash dengan
kredit, diharapkan menjadi masukan bagi pabrikan Yamaha plus jaringan
distribusinya. Masa mau beli cash nggak boleh?? Lha wong sudah
dibela-belain jual motor kesayangan buat nebus si banteng, eh belinya
mesti kredit.. inden pula Bila ada yang tak setuju dengan tulisan saya ini, boleh, memang nyatanya seperti itu bro
Namun, di balik semua itu, para Bysoners
secara umum menyambut positif produk baru Yamaha ini. Kapan lagi bisa
dapetin motor yang ditunggu-tunggu bahkan sejak setahun yang lalu.
Berbagai parts aksesoris dan modifikasi ringan buanyaaak tersedia buat
si Byson. Monggo disimak tentang BYONIC saat ini ada di Fan Page Facebook, serta Kaskus. Untuk spesifikasi resmi Yamaha Byson ada di sini.
Ini Nih Spesifikasi Resmi Yamaha Byson
Yamaha Byson memang sudah dilaunching
beberapa waktu lalu, sedangkan pendistribusian baru mulai dilakukan
pada pertengahan September ini. Beberapa dealer pun sudah memajang unit
display sebagai sarana info produk pada konsumen. Sebagai tambahan
referensi, berikut spesifikasi Yamaha Byson, Fitur, serta pilihan warna
yang tersedia
SPESIFIKASI YAMAHA BYSON |
||
P x L x T | : | 2.075mm x 780mm x 1.045mm |
Jarak Sumbu Roda | : | 1.334 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | : | 160 mm |
Tinggi Tempat Duduk | : | 790 mm |
Berat Isi | : | 137 kg |
Kapasitas Tangki Bensin | : | 12 Liter |
Tipe Mesin | : | 4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara |
Jumlah / Posisi Silinder | : | Cylinder Tunggal / Tegak |
Volume Silinder | : | 153 cm3 |
Diameter x Langkah | : | 58.0 x 57.9 mm |
Perbandingan Kompresi | : | 9.50 : 1 |
Daya Maksimum | : | 10,1 kW (13,73PS) / 7.500 rpm |
Torsi Maksimum | : | 13,6 Nm / 6.000 rpm |
Sistem Starter | : | Electric Starter dan Kick Starter |
Sistem Pelumasan | : | Basah |
Kapasitas Oli Mesin | : | Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1,0 Liter |
Tipe Karburator | : | (MIKUNI) BS26 x 1 |
Tipe kopling | : | Basah, Kopling Manual |
Tipe Transmisi | : | 5 kecepatan (1-N-2-3-4-5) |
Tipe Rangka | : | Diamond |
Suspensi Depan | : | Teleskopik |
Suspensi Belakang | : | Suspensi Monocross |
Ban Depan | : | Tubeless 100/80-17M/C 52P |
Ban Belakang | : | Tubeless 120/70-17M/C 58P |
Rem Depan | : | Cakram |
Rem Belakang | : | Tromol |
Sistem Pengapian | : | DC C.D.I |
Battery | : | YTZ4V 12V / 3 Ah (MF Battery) |
Tipe Busi | : | NGK / CPR 8EA-9 |
Sumber : Yamaha Motor Kencana Indonesia
Semoga berguna
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar