Powered By Blogger

Sabtu, 10 Desember 2011

BYONIC, Klub Pemilik dan Penggemar Yamaha Byson

BYONIC merupakan singkatan dari Byson Yamaha Owner Indonesia Club. Nama ini merupakan ide dari bro Dion Ahong di fan page Yamaha Byson di facebook. Byonic lahir tanggal 10 Okober 2010, atau biasa disebut 10-10-10. Lahirnya Byonic ditandakan dengan kopdar pertama kali di Monas pada hari Minggu, 10 Oktober 2010 jam 5 sore. Byonic berangkat dari obrolan di jejaring sosial dunia maya, lalu berlanjut ke pertemuan nyata yang biasa disebut kopdar. Kopdar perdana BYONIC dihadiri oleh 20 punggawa Byson pertama.
Perkembangan Byonic begitu pesat, yang tadinya hanya di Jakarta saja, sekarang sudah mencapai 25 propinsi di Indonesia turut bergabung. Byonic menyelenggarakan Musyawarah Nasional untuk pertama kalinya pada tanggal 29 Januari 2011 di café warna-warni daerah menteng, Jakarta. Pada saat Munas di sah kan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Byonic. Serta telah dibentuk struktur kepengurusan pusat Byonic. Tingkatan stukturnya adalah: kepengurusan pusat (nasional), kepengurusan daerah (propinsi), kepengurusan wilayah (kabupaten).
Setelah pondasi-pondasi berdirinya BYONIC bertambah kuat, BYONIC-pun membuat acara deklarasi pada hari Sabtu, 19 Februari 2011 di Surganya Bikers, Depok. Hampir semua Byonic wilayah dari jawa dan luar jawa berkumpul di depok. Acara deklarasi ini untuk mengumumkan kepada dunia bahwa BYONIC itu ada. Selain itu, acara ini juga memiliki tujuan yaitu menjalin tali silaturahmi, saling mengenal, dan memupuk rasa persaudaraan diantara sesama pengendara motor Byson. Byonic turut mengundang club-club dan komunitas-komunitas motor lain dalam acara ini.
Tips dan trik soal Yamaha Byson macem-macem bro, mulai dari mengubah posisi plat nomor di depan yang standarnya ada di atas headlamp alias di jidat jadi di bawah headlamp, hingga modifikasi mesin lumayan berat untuk menaikkan kemampuan mesin, ada di sana. Bagi touring mania pun sudah disediakan boks belakang plus braketnya yang bisa langsung plug n play :D Semua diskusi itu selain ada di kopdar, juga lengkap ada di forum Kaskus. Thread baru dibuat tanggal 10 Oktober lalu, hingga kini sudah menyentuh seratusan lebih halaman…! :roll: 

Kebanyakan problem yang dibahas adalah susahnya mendapat unit Byson, bisa dikatakan curhatnya para penggemar Byson. Lamanya inden dan perbedaan pelayanan pembelian cash dengan kredit, diharapkan menjadi masukan bagi pabrikan Yamaha plus jaringan distribusinya. Masa mau beli cash nggak boleh?? Lha wong sudah dibela-belain jual motor kesayangan buat nebus si banteng, eh belinya mesti kredit.. inden pula :( Bila ada yang tak setuju dengan tulisan saya ini, boleh, memang nyatanya seperti itu bro :)
Namun, di balik semua itu, para Bysoners secara umum menyambut positif produk baru Yamaha ini. Kapan lagi bisa dapetin motor yang ditunggu-tunggu bahkan sejak setahun yang lalu. Berbagai parts aksesoris dan modifikasi ringan buanyaaak tersedia buat si Byson. Monggo disimak tentang BYONIC saat ini ada di Fan Page Facebook, serta Kaskus. Untuk spesifikasi resmi Yamaha Byson ada di sini.

Ini Nih Spesifikasi Resmi Yamaha Byson

Yamaha Byson memang sudah dilaunching beberapa waktu lalu, sedangkan pendistribusian baru mulai dilakukan pada pertengahan September ini. Beberapa dealer pun sudah memajang unit display sebagai sarana info produk pada konsumen. Sebagai tambahan referensi, berikut spesifikasi Yamaha Byson, Fitur, serta pilihan warna yang tersedia :)
SPESIFIKASI YAMAHA BYSON





P x L x T : 2.075mm x 780mm x 1.045mm
Jarak Sumbu Roda : 1.334 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm
Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
Berat Isi : 137 kg
Kapasitas Tangki Bensin : 12 Liter
Tipe Mesin : 4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 153 cm3
Diameter x Langkah : 58.0 x 57.9 mm
Perbandingan Kompresi : 9.50 : 1
Daya Maksimum : 10,1 kW (13,73PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum : 13,6 Nm / 6.000 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1,0 Liter
Tipe Karburator : (MIKUNI) BS26 x 1
Tipe kopling : Basah, Kopling Manual
Tipe Transmisi : 5 kecepatan (1-N-2-3-4-5)
Tipe Rangka : Diamond
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Suspensi Monocross
Ban Depan : Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban Belakang : Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
Sistem Pengapian : DC C.D.I
Battery : YTZ4V 12V / 3 Ah (MF Battery)
Tipe Busi : NGK / CPR 8EA-9

Fitur Yamaha Byson :roll:

Pilihan Warna Yamaha Byson :roll:
Semoga berguna ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar